Hukum Islam

Rabu, 28 November 2012

Satu Tahun Unit Pengumpul Zakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang


1 Tahun
 
 


                                                    Masa Khidmah Unit Pengumpul zakat Kantor Kemenag Kab Sintang
Beberapa waktu yang lalu, pengurus unit pengumpul zakat telah melakukan Rapat evaluasi program setahun masa khidmat unit pengumpul zakat kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang yang di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H.Romli, M. Si. Pelaksanaan  Rapat evaluasi program  ini dihadiri oleh segenap  pengurus  unit pengumpul Zakat periode 2010-2013. Dalam sebuah sambutannya,  Kepala Kantor kita selalu memberikan semangat dan dukungan terhadap pengurus UPZ KanKemenag serta mengingatkan untuk menjaga amanah  harta zakat  demi terwujudnya pengelolaan zakat yang dapat memberikan kemanfaatan  besar  bagi kaum dhu’afa (kaum lemah).
Nampak antusiasme para peserta rapat evaluasi yang ditandai oleh banyaknya usulan dan apresiasi terhadap kinerja dari kepengurusan  yang sedang  berlangsung. Oleh karena itu pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ)  mengapresiasi setinggi-tingginya kepada  satker Kemenag, MIN, MTs N, dan MAN  serta semua pihak sebagai muzakki tetap yang telah mendukung dan memotifasi  demi terwujudnya  Program-program Kerja UPZ kemarin , kini dan yang akan datang.
Grand design UPZ Kantor kementerian Agama Kab. Sintang telah menitik beratkan   Bea Siswa dan Bantuan Ekonomi Produktif  sebagai programnya.  Hal itu telah dimulai untuk masa khidmat tahun 2010 yang lalu dan akan selalu dipertahankan  untuk masa-masa khidmat tahun berikutnya. Hal ini telah menjadi sebuah kesepakatan dan keputusan dari segenap pengurus UPZ Kantor kementerian Agama. Penekanan tersebut tentu tidak melupakan bantuan-bantuan yang sifatnya konsumtif.
Starting masa Khidmah tahun 2010 semenjak dikeluarkannya  Surat Keputusan  Ketua Badan Amil Zakat (BAZDA) Kabupaten Sintang No. 05 Tahun 2010 tertanggal 15 April 2010 tentang  Penetapan Susunan pengurus  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang. Oleh karena itu segala bentuk pengadministrasian UPZ , geliatnya sudah terekam  pada bulan April 2010 sebagaimana dapat dibaca pada  Laporan tahunan Keuangan .
Adapun program-program kerja  yang telah dilasanakan oleh UPZ Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang   untuk masa khidmat 2010 adalah sebagai berikut :
a.   Program Bea Siswa Anak Sekolah.
- Pemberian Tas beserta alat Tulis Sekolah Kepada  48 Siswa dari MIN, MTs N, MTs Sabilal Muhtadin, MI Thoriqul Huda Nenak.
- Bantuan SPP Tunai  Kepada 3 anak MAN, 6 anak MA Mujahidin, Dan 4 anak SMK Muhammadiyah Yang dibayarkan Triwulan sekali selama 1 Tahun.
- Bantuan  anak Asuh Pak Melingan Ketungau Hilir yang kuliah di Jakarta, sekolah di Yogjakarta
- Bantuan bea siswa Anak Staima dan Akper Sintang
- Bantuan bea siswa Santri Ponpes Darul Ma’arif Sintang
b. Program Sarana Pendidikan
       - RA DWP Kemenag Sintang
c.  Program Konsumtif
      - Muallaf Nanga Lebang
      - Musibah Kebakaran Ma’arif stg
      - Isra’ miraj, Buka puasa dll
d.  Bantuan Kesehatan Kesehatan a.n. Subagio bin Sulaiman
d.  Program Usaha Produktif a.n. Nur Ikhsan Untuk Usaha Pecel Lele  dan Bakso Di Jl. Sintang - Putussibau.

Oleh Karena itu, kami segenap pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang mohon doa  restunya  dan mengundang kepada semua muslimin dan muslimat  untuk  menjadi Muzakki (orang yang berzakat) atau setidak-tidaknya   memberikan semangat dan dukungannya demi  terlaksananya program-program di masa-masa mendatang.
Untuk Layanan Informasi dan konsultasi Zakat, Silahkan Hubungi  Mufti  Hp.081 352 643713, Atau di  Sekretariat : Jl. Mujahidin  Telp. (0565) 21801  Sintang 78611


                                                                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memuat...